SOSIALISASI DAN PELATIHAN SOFTWARE/APLIKASI PDPT DAN SOSIALISASI FITUR BARU PDPT DIKTI TNGKAT UNDIP

Pelaporan data PDPT (Pangkalan Data Perguruan Tinggi) adalah kegiatan rutin yang wajib dilaksanakan tiap tahun oleh perguruan tinggi baik perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia.Universitas Diponegoro sebagai salah satu Perguruan tinggi Negeri memiliki kewajiban untuk melaporkan kegiatan akademiknya ke DIKTI setiap tahunnya.
Data PDPT adalah bagian dari Pangkalan Data Universitas yang saat ini sedang dibangun oleh UNDIP. Dengan menempatkan PDPT sebagai prioritas dalam pembentukan Pangkalan Data Universitas , hal ini sejalan dengan kebutuhan data pendidikan yang sedang  digiatkan oleh Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan. Perbaikan dalam prosedur pelaporan data oleh DIKTI diharapkan bisa meningkatkan kualitas data  pendidikan secara nasional terutama data pendidikan tinggi. » Read more

LAPORAN LOG UPLOAD PDPT 2013-1 Ke forlap.dikti.go.id

Bapsi.undip.ac.id– Pelaporan PDPT adalah Pelaporan yang dilakukan di setiap Semester oleh Seluruh Universitas Di Indonesia termasuk Univeritas Diponegoro yang Terdiri dari 130 Program Studi , telah mengirimkan data PDPT per prodi ke Jakarta pada tanggal 11-12 Juni 2014 Oleh Kasubag Data BAPSI, dan hingga hari ini di rekap PDPT mencapai persentase laporan 90,77 %.

Berikut Kami sampaikan Log Hasil upload Data ke forlap.dikti.go.id :

PDPTLOGjun2014

Rakerta Universitas Diponegoro Awal Tahun 2014

DSC_0108Salatiga, bapsi.undip.ac.id, Universitas Diponegoro  tanggal 6-7 mei 2014 telah mengadakan Rapat Kerja Tahunan (Rakerta) Universitas Diponegoro Awal Tahun 2014 di Salatiga. Rakerta awal tahun 2014 ini mengambil tema “Memperkuat Landasan Menuju PTN- Badan Hukum”. Pada hari pertama (6 Mei 2014) acara ini dibuka oleh Rektor Universitas Diponegoro yang diwakili oleh Pembantu Rektor I Universitas Diponegoro Prof. Dr.dr. Hertanto Wahyu .S., MS, SpGK . Rakerta ini disi dengan pengantar Rektor Universitas Diponegoro Prof. Sudharto Prawata Hadi, MES, Ph.D, yang  membahas tiga hal utama yaitu : 1. Perencanaan dan anggaran 2014.AKU (Arah Kebijakan Universitas) yang dijabarkan dalam program dan kegiatan pada Rakerta akhir tahun 2013, dicermati keterkaitannya dengan anggaran. Langkah ini unutk menentukan skala prioritas dan akselerasi pencapaian sasaran kegiatan dalam mewujudkan visi Undip.; 2. Renstra 2015 – 2019, tahun 2014 adalah tahun terakhir implementasi Renstra 2010 – 2014 (tahapan embrio Universitas Riset). Universitas Diponegoro sudah mempersiapkan draft Renstra 2015 – 2019, agar terjadi  kesinambungan kebijakan, program dan kegiatan dalam pencapaian visi menjadi universitas riset yang unggul pada tahun 2020. Renstra yang disusun ini juga harus dengan mudah dijabarkan dalam RBA dan LAKIP; 3. Pemantapan Menuju PTN Badan Hukum, sebagaimana diketahui Undip menjadi satu dari empat PTN yang diminta oleh Ditjen Dikti, Kemdikbud untuk mempersiapkan diri menjadi PTN Badan Hukum. Langkah-langkah menuju PTN Badan Hukum sebagaimana koordinasi dengan Ditjen Dikti, telah dilakukan dengan mengajukan dasar pemikiran dan statuta PTN Badan Hukum. Rakerta akan membahas persiapan bidang-bidang (akademik, administrasi dan keuangan, kemahasiswaan dan pengembangan dan kerjasama) untuk menuju implementasi PTN Badan Hukum. Selain pengantar Rektor Universitas Diponegoro pada hari pertama Rakerta awal tahun 2014 juga diisi dengan paparan dari SesDitjen Dikti Dr. Ir. Patdono Suwignyo, M.Eng.Sc dengan judul “Otonomi Perguruan Tinggi melalui Tata Kelola PTN Badan Hukum”, Pembantu Rektor IV Undip Prof.dr. Sultana MH Faradz, PhD dengan judul ” Undip Menuju PTN Badan Hukum : Peluang dan Tantangan”, Pembantu Rektor II Undip Dr. HM Chabachib, MSi, Akt dengan judul ” Perencanaan dan Penganggaran Berbasis Indikator Kinerja Undip (IKU) dan Sosialisasi PP No. 58 tahun 2013 tentang Bentuk dan Mekanisme Pendanaan PTN Badan Hukum”, Pembantu Rektor I Undip Prof.Dr.dr. Hertanto Wahyu .S., MS, SpGK dengan judul ” Persiapan dan Kontribusi Bidang Akademik Menuju PTN Badan Hukum”, Pembantu Rektor III Undip Drs. Warsito, , SU dengan judul ” Persiapan dan Kontribusi Bidang Kemahasiswaan Menuju PTN Badan Hukum”. Kemudian dilanjutkan dengan paparan Dekan Fakultas, Direktur PPs, dan Ketua Lembaga dengan judul ” Sinkronisasi RBA Unit Kerja Berbasis AKU tahun 2014, Capaian IKU tahun 2013 dan Target IKU Tahun 2014″, ” Draft Rencana Strategis Undip Tahun 2015 – 2019″ yang disampaikan oleh Prof.Dr.rer.nat. Heru Susanto, ST, MM, MT, serta ” Evaluasi Kinerja Undip dalam rangka Menyongsong PTN Badan Hukum” oleh Ketua Dewan Pengawas (Dewas) Undip Ir. Harris Iskandar, Ph.D. Setelah paparan-paparan acara dilanjutkan dengan diskusi kelompok bidang I, bidang II, bidang III, dan bidang IV yang dipimpin oleh masing-masing pembantu rektor dengan pokok bahasan : 1. Pemantapan Program/Kegiatan dan RBA Tahun 2014; 2. Penguatan/Persiapan Landasan Menuju PTN Badan Hukum; 3. Isyu Spesifik lainnya di masing-masing bidang. Pada hari kedua (7 Mei 2014)  acara diisi rapat pleno dengan  paparan Overview Program/Kegiatan 2014 dan Penguatan Landasan Menuju PTN Badan Hukum yang merupakan kompilasi dari hasil diskusi kelompok bidang I, II, III dan IV oleh masing-masing bidang, dan diakhiri dengan rekomendasi dan penutupan. Rakerta awal tahun 2014 dihadiri oleh Rektor, Pembantu Rektor, Sekretaris Senat, Dewan Pengawas, Dekan, Pembantu Dekan, Direktur PPs, Asisten Direktur, Ketua Lembaga, Sekretaris Lembaga, Kepala Biro, Kabag, Kasubbag serta tenaga pendukung lainnya dilingkungan Universitas Diponegoro.

MATERI SOSIALISASI DAN PELATIHAN TEKNIS FORLAP UNDIP 2014

DSC_0166

DSC_0166Telah Diadakan Sosialisasi dan pelatihan teknis Forlap PDPT (http://forlap.dikti.go.id/) pada hari ini Rabu,12 Maret 2014 di Gedung Prof.Soedarto Tembalang. Acara dibuka Oleh Pembantu Rektor I universitas Diponegoro dan mengundang pembicara dari staff Dikti (Pendidikan Tinggi).

berikut adalah materi yang disampaikan dalam sosialisasi dan pelatihan teknis forlap pdpt Materi sosialisasi forlap

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI DAN VERIFIKASI PESERTA KLINIK MANUSCRIPT BERBAHASA INGGRIS UNTUK PUBLIKASI INTERNASIONAL DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2013 22 S/D 24 NOVEMBER 2013 GRAND WAHID SALATIGA

Berikut kami sampaikan Daftar Peserta hasil seleksi dan verifikasi peserta klinik manuscript Bahasa inggris untuk publikasi Internasional.

No

Nama

Fakultas/Unit

Jenis Kelamin

Keterangan

1

Dr. Ratna Herawati, SH, MH

FH

P

Peserta

2

Emy Handayani, SH, Mhum

FH

P

Peserta

3

Mayanggita Kirana, SE, MSc

FEB

P

Peserta

4

Dr. Eng. Deddy Chrismianto, ST, MT

FT

L

Peserta

5

Dr.Eng. Ahmad Fauzan Zakki, ST, MT

FT

L

Peserta

6

Ir. Rina Kurniati, MT

FT

P

Peserta

7

Sunarti, ST, MT

FT

P

Peserta

8

Dr.Ir. Erni Setyowati, MT

FT

P

Peserta

9

Ir. Agung Budi Sardjono, MT

FT

L

Peserta

10

dr. Aryu Candra, M.Kes (Epid)

FK

P

Peserta

11

Dr.Ir. Widiyanto

FPP

L

Peserta

12

Setya B.M. Abduh, MSc

FPP

L

Peserta

13

Dr.Ir. Mukson, MS

FPP

L

Peserta

14

Bhakti Etza S, SPt, MSc

FPP

P

Peserta

15

Dr. Endang Susilowati, MA

FIB

P

Peserta

16

Arido Laksono, SS, MHum

FIB

L

Peserta

17

Dr. Sundarso, SU

FISIP

L

Peserta

18

Dr. Widiartanto, SSos, M.AB

FISIP

L

Peserta

19

Bulan Prabawani, , SSos, MM, PhD

FISIP

P

Peserta

20

Sukmawati Nur Endah, SSi, MKom

FSM

P

Peserta

21

Dr. Sunarno, SSi, MSi

FSM

L

Peserta

22

dr. Sri Winarni, Mkes

FKM

P

Peserta

23

Praba Ginandjar, SKM, M. Biomed

FKM

L

Peserta

24

Lintang Dian Saraswati, SKM, M.Epid

FKM

P

Peserta

25

Ir. Martini, MKes

FKM

P

Peserta

26

Dr. Nur Endah Wahyuningsih, MS

FKM

P

Peserta

27

drh. Dwi Sutiningsih, Mkes

FKM

P

Peserta

28

Dr.Ir. Bambang Yulianto, DEA

FPIK

L

Peserta

29

Agus Trianto, ST, MSc, PhD

FPIK

L

Peserta

30

Dr.Ir. Eko Nurcahya Dewi, MSc

FPIK

P

Peserta

31

Dr.Ir. Delianis Pringgenis, MSc

FPIK

P

Peserta

32

Dr. Vivi Endar Herawati, SPi, MSi

FPIK

P

Peserta

33

Dr.Ir. Muh. Yusuf, MSi

FPIK

L

Peserta

34

Dian Ratna Sawitri, SPsi, Msi, PhD. Psikolog

FPsi

P

Peserta

35

Dr.Dra. Hastaning Sakti, Mkes, Psikolog

FPsi

P

Peserta

Filenya dapat didownload disini peserta LOLOS manuskrip

 

WORKSHOP PENINGKATAN KULAITAS PDPT

PB180054

PB180052Bapsi.undip.ac.id, 18 s/d 19 November 2013 telah diadakan Workshop peningkatan kualitas PDPT di Hotel Bandungan Homtel Indah,Bandungan,Ambarawa Semarang . Workshop ini dihadiri 130 Peserta yang menyebar di seluruh program studi Universitas Diponegoro. Dalam acara workshop ini dibahas tentang pentingnya Pengiriman dan pengolahan data PDPT ke DIKTI, pengolahan data PDPT layar biru, pengenalan Webservice PDPT, diskusi tentang keluh kesah tentang PDPT. dengan adanya worksop ini , diharapkan pengumpulan Data PDPT ke Dikti menjadi lebih cepat, valid dan benar.

Usulan Kegiatan Tahun 2014

Undip.ac.id, – Dalam rangka implementasi Keputusan Rektor nomor :836/SK/UN7l20l3 tanggal 20 September 2013 tentang Arah Kebijakan Universitas Diponegoro Tahun 2014, dengan ini mohon masing-masing fakultas/unit kerja dapat menyampaikan seluruh usulan kegiatan beserta anggaran biaya yang telah disusun dalam RBA tahun 2014 yang berisi :

  1. Sasaran Strategis
  2. Kegiatan
  3. Indikator Kinerja Kegiatan
  4. Indikator Kinerja UndiP.
  5. Anggaran Biaya.

Bagi fakultas/unit kerja yang sebelumnya telah mengirimkan isian borang tersebut, mohon dapat meigirimkan lagi karena ada beberapa perubahan dan tambahan pada rumusan sasaran strategis dan IKU (Indilator Kinerja Undip) yang tertuang pada dokumen AKU 2014. Softcopy format/borang usulan kegiatan dan dokumen AKU 2014 dapat juga di-download pada http://www.undip.ac.id/ atau http: //www.bapsi.undip.ac.id

Kami mohon usulan kegiatan tersebut dalam bentuk softcopy dan hardcopy dapat disampaikan kepada kami selambat-lambatnya tanggal 5 November 2013 melalui:

Kepala BAPSI u.p Kabag. Perencanaan BAPSI,
Gd. Rektorat lt. Dasar Kampus Undip Tembalang
email perencanaan@undip.ac.id atau perencanaan.undip@yahoo.co.id

untuk selanjutnya akan dikompilasi sebagai bahan dalam Penetapan Sasaran Indikator Kinerja Universitas Diponegoro Tahun 2014

 

Link Unduhan :

1. LAMPIRAN I Template kosongan anggaran biaya kirim okt 2013

2. LAMPIRAN II sasaran strategis kirim okt 2013

3. Buku AKU – SK Rektor No 836

1 2 3