Salatiga – bapsi.undip.ac.id, Rapat Kerja Akhir Tahun (RAKERTA), merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap akhir tahun. Rakerta Akhir Tahun 2015 ini dilaksanakan pada tanggal 16 sampai dengan 18 Desember 2015 bertemakan “Maju Dalam Sinergi“. Rapat yang berlangsung di Hotel Laras Asri, Salatiga ini dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH, M.Hum, .

Selain dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Diponegoro, Rakerta ini juga dihadiri langsung oleh Prof. Dr. Ir. Muhammad Zainuri, DEA selaku Pembantu Rektor I, Dr. Darsono, SE, Akt, MBA selaku Pembantu Rektor II, Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, M.Sc selaku Pembantu Rektor IV beserta para pejabat penting lainnya seperti para Pimpinan Fakultas, Lembaga, dan Elemen Universitas lain.

Rakerta ini membahas beberapa bidang meliputi Bidang Akademik, Bidang Umum dan Keuangan, Bidang Kemahasiswaan serta Bidang Pengembangan dan Kerjasama guna memantabkan diri menjadi Perguruan Tinggi Berbadan Hukum. Rakerta ini sangat strategis selain sebagai pemantapan Indikator Kinerja Undip 2016 sekaligus untuk mereview capain Indikator Kinerja Undip tahun 2015. Rakerta ini memiliki posisi strategis baik segi kaidah ataupun urutan untuk menyiapkan program-program untuk beberapa tahun ke depan.

Rektor Undip, Prof Yos menyampaikan bahwa rapat kerja ini bertujuan untuk penyusunan rencana kerja tahun depan yang lebih terarah dan terukur. “Renstra Undip menyajikan pemikiran tentang rencana kedepan, menerjemahkan visi dan misi undip setelah menjadi PTN-BH” tegasnya.

Rektor berharap agar seluruh fakultas dan unit kerja dapat memahami dan menyatukan semangat dalam melaksanakan program kegiatan dan anggaran sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan dalam mencapai Visi Undip menjadi universitas Riset yang Unggul pada Tahun 2020.

“Berkaitan dengan posisi sebagai PTN-BH, Undip akan melakukan beberapa langkah  strategis diantaranya memperbanyak kegiatan penelitian dan publikasi internasional, membuka kelas internasional, meningkatkan prestasi mahasiswa pada level nasional, serta memastikan tingginya keterserapan lulusan Undip dalam dunia industri” imbuh Rektor.

Dalam kaitan itu, Undip juga akan menginisiasi untuk menjadi destinasi wisata pendidikan. Menurut Rektor, destinasi wisata pendidikan ini dimaksudkan untuk mendukung Undip menjadi World Class University (WCU). Dengan program ini, maka Undip akan membuka diri terhadap kunjungan masyarakat, domestik maupun internasional, sehingga dapat mendekatkan dirinya kepada publik, “Mau tidak mau, kunjungan masyarakat akan memaksa Undip untuk berbenah lebih baik dalam segala bidang, termasuk dalam pelayanan dan fasilitas infrastuktur kampus” imbuhnya.