Pelaporan data PDPT (Pangkalan Data Perguruan Tinggi) adalah kegiatan rutin yang wajib dilaksanakan tiap tahun oleh perguruan tinggi baik perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia.Universitas Diponegoro sebagai salah satu Perguruan tinggi Negeri memiliki kewajiban untuk melaporkan kegiatan akademiknya ke DIKTI setiap tahunnya.

Data PDPT adalah bagian dari Pangkalan Data Universitas yang saat ini sedang dibangun oleh UNDIP. Dengan menempatkan PDPT sebagai prioritas dalam pembentukan Pangkalan Data Universitas , hal ini sejalan dengan kebutuhan data pendidikan yang sedang  digiatkan oleh Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan. Perbaikan dalam prosedur pelaporan data oleh DIKTI diharapkan bisa meningkatkan kualitas data  pendidikan secara nasional terutama data pendidikan tinggi.

Pemberian sanksi akibat terlambatnya dalam pelaporan data yang mulai diterapkan oleh DIKTI berupa pembatasan akses dalam proses sertifikasi dosen, dan  nantinya juga dalam pemberian dana dari pemerintah untuk kegiatan peningkatan pendidikan (BOPTN) . Menjadikan semakin menguatnya tuntutan dalam pemenuhan data PDPT oleh UNDIP. Fakultas , Jurusan , dan program Studi adalah sumber data  akademik , untuk itu perlu dilaksanakan kegiatan yang menunjang tugas mereka dalam kaitanya dengan pengelolaan data PDPT di unit kerja masing masing.

Untuk Meningkatkan Kulaitas Operator dan Kulaitas Data maka diperlukan Pelatihan Yang berkaitan dengan Pengiriman Data.

Pelaksanaan

Pelatihan ini dilaksanakan selama 3 Hari pada Tanggal 11 s/d 13 September 2014 yang di bagi 2 Gelombang . Dimana kurang lebih Pesertanya adalah Operator 130 Prodi dan Koordinator serta Staff kepegawaian menjadi 180 Peserta.

Tujuan Pelaksanaan

  1. Melakukan evaluasi mengenai Data PDPT sampai dengan periode tahun 2012 semester 2
  2. Memberikan pengertian pentingnya data PDPT untuk UNDIP
  3. Meningkatkan kemampuan fakultas, jurusan, dan program studi dalam pengelolaan data PDPT

Semoga dengan diadakannya pelatihan tanggal 11 s/d 13 September 2014, Operator lebih memahami fungsi dari Operator tersebut sehingga kualitas dari data pengiriman dan kemampuan dari Operator Meningkat.