Biro berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 186/0/2002 tanggal 28 Oktober 2002 tentang Statuta Undip khususnya pasal 70 merupakan satuan pelaksanaan administrasi yang menyelenggarakan pelayanan teknis dan administratif dibidang administrasi akademik, administrasi keuangan, administrasi umum, administrasi kemahasiswaan, administrasi perencanaan dan sistem informasi.

Tugas Pokok dan Fungsi

BAPSI sebagai biro yang menyelenggarakan administrasi perencanaan dan sistem informasi, dapat dikatakan bahwa BAPSI adalah ujung tombak universitas dalam bidang perencanaan serta pusat data dan informasi (database center).

BAPSI merupakan penanggungjawab utama dan pertama dari seluruh kalender kegiatan universitas. Tanggungjawab pertama dimulai dengan  persiapan penyusunan Rencana Strategis (RENSTRA) dan Rencana Operasional (RENOP) yang disajikan pada Rapat Kerja Tahunan (RAKERTA) dan dilanjutkan dengan penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP).

Berdasarkan kegiatan induk tersebut, maka BAPSI bertugas menguraikannya dalam bentuk laporan-laporan, pelayanan data dan informasi untuk pimpinan maupun segenap civitas akademika yang memerlukan data untuk kepentingan penelitian, pembuatan proposal, maupun penulisan skripsi mahasiswa. Data dan informasi tersebut dapat dikategorikan ke dalam 3 kategori besar yaitu Data Akademik, Data Ketenagaan, dan Data Sarana Prasarana.

Dalam bidang perencanaan dapat terlihat dari kegiatan-kegiatan BAPSI yang berkaitan erat dengan program pengembangan universitas diantaranya dalam Perencanaan Akademik (pembukaan Program Studi Baru) dan Perencanaan Fisik (pembangunan gedung pendidikan).

Selama beberapa tahun terakhir, BAPSI berupaya untuk terus meningkatkan kinerja agar dapat eksis menjalankan tugas dan fungsinya dalam mendukung kegiatan-kegiatan universitas, baik itu yang bersifat rutin tiap tahun anggaran maupun kegiatan-kegiatan insidental.  Hal ini sejalan dengan rencana Universitas Diponegoro menuju otonomi kampus yang diwujudkan dalam kerangka PT BHP / BLU.