DSC_0108Salatiga – bapsi.undip.ac.id, Universitas Diponegoro  tanggal 6 – 7 mei 2014 telah mengadakan Rapat Kerja Tahunan (Rakerta) Universitas Diponegoro Awal Tahun 2014 di Salatiga. Rakerta awal tahun 2014 ini mengambil tema “Memperkuat Landasan Menuju PTN- Badan Hukum”.

Pada hari pertama (6 Mei 2014) acara ini dibuka oleh Rektor Universitas Diponegoro yang diwakili oleh Pembantu Rektor I Universitas Diponegoro Prof. Dr.dr. Hertanto Wahyu .S., MS, SpGK . Rakerta ini disi dengan pengantar Rektor Universitas Diponegoro Prof. Sudharto Prawata Hadi, MES, Ph.D, yang  membahas tiga hal utama yaitu :

  1. Perencanaan dan anggaran 2014. AKU (Arah Kebijakan Universitas) yang dijabarkan dalam program dan kegiatan pada Rakerta akhir tahun 2013, dicermati keterkaitannya dengan anggaran. Langkah ini unutk menentukan skala prioritas dan akselerasi pencapaian sasaran kegiatan dalam mewujudkan visi Undip;
  2. Renstra 2015 – 2019, tahun 2014 adalah tahun terakhir implementasi Renstra 2010 – 2014 (tahapan embrio Universitas Riset). Universitas Diponegoro sudah mempersiapkan draft Renstra 2015 – 2019, agar terjadi  kesinambungan kebijakan, program dan kegiatan dalam pencapaian visi menjadi universitas riset yang unggul pada tahun 2020. Renstra yang disusun ini juga harus dengan mudah dijabarkan dalam RBA dan LAKIP;
  3. Pemantapan Menuju PTN Badan Hukum, sebagaimana diketahui Undip menjadi satu dari empat PTN yang diminta oleh Ditjen Dikti, Kemdikbud untuk mempersiapkan diri menjadi PTN Badan Hukum. Langkah-langkah menuju PTN Badan Hukum sebagaimana koordinasi dengan Ditjen Dikti, telah dilakukan dengan mengajukan dasar pemikiran dan statuta PTN Badan Hukum.

Rakerta akan membahas persiapan bidang-bidang (akademik, administrasi dan keuangan, kemahasiswaan dan pengembangan dan kerjasama) untuk menuju implementasi PTN Badan Hukum.

Selain pengantar Rektor Universitas Diponegoro pada hari pertama Rakerta awal tahun 2014 juga diisi dengan paparan dari SesDitjen Dikti Dr. Ir. Patdono Suwignyo, M.Eng.Sc dengan judul “Otonomi Perguruan Tinggi melalui Tata Kelola PTN Badan Hukum“, Pembantu Rektor IV Undip Prof. dr. Sultana MH Faradz, PhD dengan judul “Undip Menuju PTN Badan Hukum : Peluang dan Tantangan“, Pembantu Rektor II Undip Dr. HM Chabachib, MSi, Akt dengan judul “Perencanaan dan Penganggaran Berbasis Indikator Kinerja Undip (IKU) dan Sosialisasi PP No. 58 tahun 2013 tentang Bentuk dan Mekanisme Pendanaan PTN Badan Hukum“, Pembantu Rektor I Undip Prof. Dr. dr. Hertanto Wahyu .S., MS, SpGK dengan judul “Persiapan dan Kontribusi Bidang Akademik Menuju PTN Badan Hukum“, Pembantu Rektor III Undip Drs. Warsito, , SU dengan judul “Persiapan dan Kontribusi Bidang Kemahasiswaan Menuju PTN Badan Hukum“.

Kemudian dilanjutkan dengan paparan Dekan Fakultas, Direktur PPs, dan Ketua Lembaga dengan judul “Sinkronisasi RBA Unit Kerja Berbasis AKU tahun 2014, Capaian IKU tahun 2013 dan Target IKU Tahun 2014“, “Draft Rencana Strategis Undip Tahun 2015 – 2019” yang disampaikan oleh Prof. Dr. rer. nat. Heru Susanto, ST, MM, MT, serta “Evaluasi Kinerja Undip dalam rangka Menyongsong PTN Badan Hukum” oleh Ketua Dewan Pengawas (Dewas) Undip Ir. Harris Iskandar, Ph.D.

Setelah paparan-paparan acara dilanjutkan dengan diskusi kelompok bidang I, bidang II, bidang III, dan bidang IV yang dipimpin oleh masing-masing pembantu rektor dengan pokok bahasan :

  1. Pemantapan Program/Kegiatan dan RBA Tahun 2014;
  2. Penguatan/Persiapan Landasan Menuju PTN Badan Hukum;
  3. Isu spesifik lainnya di masing-masing bidang.

Pada hari kedua (7 Mei 2014)  acara diisi rapat pleno dengan  paparan Overview Program/Kegiatan 2014 dan Penguatan Landasan Menuju PTN Badan Hukum yang merupakan kompilasi dari hasil diskusi kelompok bidang I, II, III dan IV oleh masing-masing bidang, dan diakhiri dengan rekomendasi dan penutupan. Rakerta awal tahun 2014 dihadiri oleh Rektor, Pembantu Rektor, Sekretaris Senat, Dewan Pengawas, Dekan, Pembantu Dekan, Direktur PPs, Asisten Direktur, Ketua Lembaga, Sekretaris Lembaga, Kepala Biro, Kabag, Kasubbag serta tenaga pendukung lainnya dilingkungan Universitas Diponegoro.