Semarang-bapsi.undip.ac.id, Pelatihan Webmaster Tingkat Prodi Gelombang I dan II yang dilaksanakan pada tanggal 26 dan 27 Januari 2016 dibuka langsung oleh Dr. Darsono, SE, Akt, MBA selaku Pembantu Rektor II Universitas Diponegoro. Pembantu Rektor II berharap agar kedepannya Undip lebih baik lagi terutama dalam hal website. Beliau mentargetkan peringkat website di Lingkungan Undip untuk kedepannya lebih baik dari tahun – tahun sebelumnya dan lebih baik dari universitas- universitas yang berada di Indonesia.

Pelatihan webmaster ini diisi oleh narasumber yang sudah sangat berkompeten dalam bidang IT termasuk Website dan Server, yaitu Wahyu Setiyadi, S.Kom selaku staff dari Sub Bagian Pelayanan Informasi BAPSI, dan Purnomo Setyo Kusumo, S.Kom selaku staff dari UPT Pusat Komputer.

Wahyu Setiyadi, S.Kom menyampaikan mengenai standarisasi website di Lingkungan Undip serta informasi apa saja yang harus ditampilkan di Website Prodi, Fakultas, Biro dan Lembaga di Lingkungan Undip. Disampaikan juga bagaimana cara membackup website dan database serta bagaimana cara menginstall wordpress untuk membuat website. Sedangkan Purnomo Setyo Kusumo, S.Kom menyampaikan mengenai revitalisasi server, juga memastikan bahwa server baru akan lebih handal dengan fasilitas backup yang bagus.

Peserta Pelatihan Webmaster baik gelombang I maupun gelombang II sangat antusias mengikutinya. Hal ini dibuktikan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Gagad Rahino, ST selaku Kepala Sub Bagian Data dan Wahyu Setiyadi, S.Kom sangat dimanfaatkan dengan baik oleh peserta, selain pertanyaan yang diajukan oleh peserta juga adanya saran dari peserta yang membangun yaitu menyarankan untuk menyertakan kontak helpdesk yang aktif di setiap website supaya lebih mudah untuk menghubungi.

Pelatihan Webmaster Gelombang I ini ditutup oleh Drs.Satoto Sidi Purnomo selaku Kepala Bagian Sistem Informasi. Sedangkan Pelatihan Webmaster Gelombang II ditutup oleh Dra. Arsiani Sulaksmiwati, M.Pd selaku Kepala Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi.

Pada sesi penutup para peserta pelatihan webmaster diminta kesanggupannya untuk segera mengimplementasikan materi-materi yang sudah disampaikan dalam Pelatihan Webmaster tersebut agar website-website di Lingkungan Undip segera aktif.